Apa itu Invoice? Apa Bedanya dengan Nota, Kwitansi, dan Bon?

Dalam transaksi bisnis, yang perlu diperhatikan tidak hanya mengenai banyaknya penjualan yang telah terjadi. Tapi juga harus memperhatikan kelengkapan dokumen yang digunakan dalam transaksi bisnis.

Dokumen yang digunakan dalam transaksi bisnis ada banyak sekali. Yang mana dari kesemua memiliki fungsi masing – masing dan tentu semua berbeda satu sama lain. Perbedaan yang paling mencolok adalah fungsi dari tiap dokumen.

Beberapa dokumen yang umum digunakan dalam transaksi adalah invoice , nota, kwitansi, dan bon. Lalu, apa itu invoice ? Apa bedanya invoice  dengan nota, kwitansi, serta bon?

Di sub bab berikutnya akan dijelaskan invoice  adalah dokumen seperti apa, serta perbedaannya dengan dokumen lainnya.

Pengertian Invoice  adalah

Sumber: https://due.com/blog/6-tips-effective-invoicing/

Invoice  adalah dokumen penting yang dikeluarkan perusahaan sebagai pihak penjual kepada pembeli karena adanya transaksi kredit yang terjadi. Selain itu, invoice  adalah dokumen yang juga digunakan untuk penagihan transaksi. Apabila pembeli telat dalam membayarkan invoice , maka invoice  dapat digunakan sebagai dokumen penagihan.

Lebih lanjut lagi, invoice  adalah dokumen yang dibuat berdasarkan barang yang sudah diterima oleh pembeli, jadi invoice  dibuat ketika delivery order sudah ditandatangani oleh pembeli.

Selain sebagai bukti penagihan, fungsi lain dari invoice  adalah sebagai arsip catatan penjualan yang dapat digunakan sebagai referensi di kemudian hari. Invoice  begitu penting karena di dalam selembar kertas tersebut memuat informasi penting mengenai identitas penjual dan pembeli, daftar produk yang dibeli pelanggan, harga yang harus dibayarkan, dan catatan lainnya.

Selain itu, invoice  juga berfungsi sebagai payung hukum bagi penjual. Ketika terjadi konflik antara penjual dan pembeli, misalnya pembeli menolak melakukan pembayaran setelah barang sampai, maka penjual dapat menuntut pembeli dengan bukti invoice  ini.

Tidak sampai disana, fungsi lain dari invoice  adalah sebagai arsip untuk melakukan analisis bisnis. Perusahaan dapat melihat produk apa saja yang sering diorder oleh pembeli. Ditambah lagi perusahaan dapat mengetahui pola pembelian dari pelanggan. Sehingga dapat mempersiapkan strategi bisnis berikutnya.

Perbedaan Nota dengan Invoice  adalah

Nota adalah dokumen tertlis untuk pembelian atau penjualan yang diberikan sebelum produk berpindah tangan, supaya kedua belah pihak mengetahui total biaya yang harus dibayarkan. Jika transaksi dilakukan secara kredit, maka dilengkapi juga dengan tanggal waktu pembayaran.

Dalam kegiatannya, ada dua jenis nota yaitu nota debet dan nota kredit. Nota debet dikeluarkan dengan tujuan sebagai bukti transaksi oleh pihak kedua atas retur barang yang rusak atau cacat. Sementara nota kredit digunakan sebagai pemberitahuan jika penjual telah mengganti dan mengirimkan produk pengganti.

Perbedaan nota dengan invoice  adalah bahwa nota dibuat sebelum barang dikirim, dan dikirimnya nota dari penjual ke pembeli sebagai bukti bahwa pembeli akan membayarkan tagihan sesuai dengan yang disepakati.

Perbedaan Kwitansi dengan Invoice  adalah

Sumber: https://www.freshbooks.com/blog/advanced-invoicing-tips

Kwitansi berbeda dengan invoice . Perbedaan antara kwitansi dengan invoice  adalah pada fungsinya, dimana kwitansi diberikan dari penjual kepada pembeli sebagai bukti transaksi penerimaan sejumlah uang dari pembeli kepada penjual.

Kwitansi juga dilengkapi dengan nama penjual, pembeli, keperluan penyerahan uang, keterangan tempat dan tanggal, dan tanda tangan penerima. Kwitansi dibuat dua rangkap, yang mana satu untuk pihak penjual dan satu untuk pembeli.

Perbedaan Bon dengan Invoice  adalah

Perbedaan yang mencolok antara bon dengan invoice  adalah fungsinya, dimana bon adalah surat kecil yang berisi keterangan pengambilan barang, peminjaman uang, dan hal lainnya. Selain itu, bon bentuknya lebih kecil dan lebih sederhana daripada invoice.

Leave a Comment